Wing Air Salahi Prosedur, Penumpang Tidak Diizinkan Berangkat dan Dipaksa Nanggung Kerugian

LEBAHpers –¬†Pelayanan salah satu penerbangan domestik Indonesia kembali membuat penumpang kecewa, Saat menggunakan jasa penerbangan Wings Air dari Bandar Kuala Namu ke Sibolga Bandara Pinang Sorik, Minggu (6/5/2018)

Kekecewaan tersebut dialami oleh Tia Isah Ritonga saat dia tidak diperbolehkan lagi untuk masuk ke dalam pesawat meskipun pesawat belum berangkat, lantaran jadwal boarding timenya sudah habis, Tia pun disuruh langsung kembali ke counter Lion Air.

Lucunya ketika kembali ke counter Lion Air, bagasi miliknya sempat masuk ke dalam pesawat, padahal dia setelah boarding langsung menuju gate keberangkatan. Saat mengajukan komplainnya, Tia pun hanya diberikan re found tiket 10 persen dari nilai tiket dan Tia harus mencari penerbangan lain.

Yang membuat lebih bingung lagi adalah, di tiket pesawat yang dimiliki Tia ternyata tidak tertera jadwal kapan boarding timenya ke pesawat. Alasan dari petugas maskapai grup Lion Air karena sistem mereka lagi rusak atau tidak bisa online, sehingga terpaksa manual.

“Lihatlah mana ada jadwal kapan boarding timenya. Mereka beralasan karena manual sistemnya. Pemanggilan penumpang juga tidak ada mereka lakukan. Kesalahan ada pada mereka, kenapa penumpang yang selalu dirugikan yah,” kesalnya.

Desika Sari, petugas Lion Air yang menerima keluhan dari Tia mengutarakan bahwa atas kejadian ini ditanyakan kepada atasan mereka saja. Namun atasan yang dia maksud sangat sulit untuk ditemukan keberadaanya dimana.

“Silahkan ditanyakan kepada supervisor kami. Di sana dia,” ujar Desika seraya kembali menatap layar komputernya.

Adanya pelayanan yang tidak begitu baik dari Grup Lion Air ini juga terjadi, yaitu ketika Wartawan (Grup Kompas Gramedia) juga tidak diperbolehkan naik ke pesawat, meski para penumpang baru masuk ke pesawat, seperti yang disampaikan salah seorang penumpang yang berada di dalam pesawat melalui telepon.

“Sudah tidak bisa masuk lagi, boardingnya sudah selesai,” ujar salah seoarang Staf seraya menahan SIM wartawan Tersebut dan menyuruh melapor ke Counter Tiket untuk mendapat penerbangan berikutnya. Saat baording time ditutup, pihak Wings Air tidak melakukan pemanggilan penumpang.

Namun sesampai counter Tiket, Wartawan Grup Kompas tetap tidak boleh mendapat tiket pesawat untuk penerbangan berikutnya. Staf tiketingnya pun meminta wartawan tersebut untuk membeli tiket yang berangkat di dua jadwal penerbangan berikutnya.

Wartawan pun kembali menemui Staf Lions Air Grup bernama Suci, dia mengatakan bahwa setiap penumpang akan dipanggil selama empat kali, sebelum penerbangan berangkat dan data ini bisa diperoleh dari pusat informasi Kuala Namu.

“Secara Standar Operasional Prosedur, penumpang akan dipanggil sebanyak empat kali. Satu kali untuk panggilan nama, dan tiga kali untuk panggilan biasa,” ujarnya.

Namun saat Wartawan Grup kompas mendatangi pihak informasi di Bandara Kuala Namu, petugas tersebut mengutarakan, penerbangan IW 1258 tujuan Sibolga tidak ada permintaan supaya memanggil penumpang dari pihak Wings Air (Lions Air Grup)

“Saya coba tanya langsung ke pusat informasi. Oh tidak ada panggilannya disampaikan ke pusat informasi, jadi panggilannya tidak ada,” ujarnya singkat.

Wartawan pun kembali menanyakan kenapa pemanggilan penumpang tidak dilakukan oleh pihak Wings Air kepada penumpang, staf Lions Air Grup bernama Suci mengutarakan hal tersebut tidak mungkin terjadi.

“Tidak mungkin tidak dipanggil. Tapi saya tidak tahulah. Kami sudah ganti shif ini, tapi bisa saja sistemnya eror dan tidak berfungsi tadi,” ujarnya menghindar.

3 thoughts on “Wing Air Salahi Prosedur, Penumpang Tidak Diizinkan Berangkat dan Dipaksa Nanggung Kerugian

  • May 10, 2018 at 3:20 pm
    Permalink

    Heya i am for the first time here. I found this board and I find It truly useful & it helped me out a lot.
    I hope to give something back and aid others like you helped me.

    +905443535397

    Reply
  • May 10, 2018 at 3:59 pm
    Permalink

    Hi there, I enjoy reading through your article.
    I like to write a little comment to support you.
    +905323495077

    Reply
  • May 10, 2018 at 6:55 pm
    Permalink

    The next time I read a blog, I hope that it does not fail
    me as much as this particular one. I mean, I know it was my choice
    to read, but I truly thought you would probably have something helpful to talk about.

    All I hear is a bunch of whining about something you can fix if you weren’t too busy seeking attention.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: